SELAMAT DATA DI WEBSITE SENKOM MITRA POLRI KABUPATEN KLATEN

SENKOM IKUTI CEK LAYANAN KOMUNIKASI

                        

Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, Senin (29/7/2013), mengikuti konvoi bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan 10 operator penyelenggara telekomunikasi, ke sejumlah rute yang nanti akan dilalui para pemudik.
Mereka mengecek kualitas layanan telekomunikasi di rute-rute yang arus mudiknya diperkirakan sangat padat pada masa Lebaran nanti.
Rute yang dimaksud, yakni Merak, Bakauheni, Cirebon, Tasikmalaya serta dari Semarang ke arah Solo dan menuju Surabaya.
"Senkom merasa perlu mengikuti pengecekan ini karena kualitas layanan telekomunikasi juga akan berpengaruh terhadap kinerja personil Senkom di posko-posko," kata Ketua Umum Senkom Mitra Polri, HM Sirot, sebelum mengikuti acara tersebut.
Sirot menjelaskan, para petugas Senkom akan mengirimkan data dan informasi melalui radio komunikasi HT yang dikoneksikan via gateway sehingga bisa melakukan komunikasi jarak jauh layaknya HP.
Namun, Senkom juga mengirimkan informasi via SMS, MMS, BBM, Twitter, dan sebagainya.
Masyarakat juga dapat melaporkan situasi yang dijumpai dalam perjalanan melalui Senkom Information Center 0813 8724 4622 Live Report: www.senkom.or.id.
Koordinator Bidang Telematika Senkom Mitra Polri, Lukman Abdul Fattah, mengatakan untuk mendukung kapasitas penyimpanan data, terutama video dan foto capture situasi sekitar posko, Senkom Mitra Polri menggunakan dua pusat data atau server di Bandung dan Jakarta.
Menurutnya, dengan penempatan CCTV dan webcam di sejumlah titik posko, setiap pergerakan akan terekam dan setiap lima menit akan mengirimkan gambar ke server.
"Dengan demikian jika terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan dapat segera dilakukan koordinasi dengan para petugas terdekat, demikian halnya jika terjadi kecelakaan, maka akan lebih cepat dilakukan tindakan seperti pengiriman ambulans maupun tenaga medis,” ujar Lukman Abdul Fattah.

sumber :warta kota

Komentar